Tips Belanja Online
source : freepik.com

Tips Belanja Online Agar Tidak Tertipu

Belanja secara online saat ini sudah menjadi lumrah dan bukan perilaku yang asing dilakukan. Kemudahan bertransaksi menjadi alasan netizan untuk memanfaatkan berbagai platform marketplace untuk sekedar melihat barang incaran atau membeli barang kebutuhan. Hanya saja, seringkali permasalahan timbul dampak dari belanja secara online, misalnya penipuan.

Maka tidak heran ketika banyak orang yang kemudian berusaha untuk menemukan tips belanja online agar tidak tertipu. Penipuan secara online memang masih sering terjadi dan membuat siapapun takut.

Pasalnya banyak kasus penipuan terjadi saat belanja online, semisal produk tidak sesuai gambar, komplain tidak direspon hingga toko online fiktif. Tentu saja hal ini merugikan Anda selaku pembeli.

Oleh sebab itu penting untuk mengetahui tips-tips agar terhindar dari penipuan seperti di bawah ini :

Cek Identitas Nama Toko Online

Hal yang sering terjadi manakala ketika belanja online adalah kurang telitinya calon pembeli terhadap identitas penjual. Anda harus cermat memilih toko online yang terpercaya. Perhatikan betul siapa identitas yang tertera di tokonya, seperti nama toko online, alamat, email, dan nomor telepon yang tertera.

Selain melihat rincian identitas si pemilik toko, maka perhatikan juga situs dari toko online tersebut. Pastikan situs belanja online itu aman untuk penelusuran daring Anda. Perhatikan keamanan dengan adanya tanda gembok di depan alamat situs. Terlebih saat sudah memasuki halaman di tahap pembayaran, hal ini perlu diperhatikan.

Melihat Review Toko Online

Berikutnya, tips belanja online agar tidak tertipu adalah dengan melihat review dari toko tersebut. Saat melihat ada produk yang Anda suka dari salah satu toko online, maka perhatikan review, rating bintang atau ulasan terkait. Pastikan semua review dan rating bintang dari pembeli untuk produk dan toko online tersebut positif dan bagus. Setidaknya lebih dari 90 persen memberikan ulasan yang positif.

Baca Juga  Tipe Kain Mukenah yang Nyaman untuk Dipakai Beribadah

Meminta bukti pengiriman barang

Hal ini bisa Anda lakukan jika sudah terlanjur melakukan transaksi pembelian. Pastikan Anda selalu meminta bukti jika barang telah dikirim. Anda bisa meminta resi bukti pengiriman.

Dengan nomor resi ini bisa digunakan untuk melacak dan mengetahui status pengiriman barang melalui situs resmi jasa ekspedisi yang digunakan atau situs lain yang memiliki fitur untuk cek resi.

Perhatikan Benar Keterangan Produk

Saat melakukan belanja online sebaiknya Anda perhatikan detail produk. Belanja online sangat berbeda dengan belanja secara konvensional di toko offline. Semua yang akan Anda beli hanya bisa dilihat berupa foto saat membeli secara online.

Pasalnya tidak sedikit juga penjual online sebagai reseller atau dropshipper. Sehingga hanya memajang foto produk berdasarkan sharing dan tidak memiliki persediaan barang sendiri. Jika memungkinkan, sebaiknya Anda meminta foto asli dari produk yang hendak Anda beli.

Sudah seharusnya detail dari setiap produk yang tercantum diperhatikan oleh para calon pembeli. Jangan sampai karena tidak teliti dalam membaca keterangan pada gambar, Anda kecewa saat barang tersebut sampai di rumah Anda.

Memilih pembayaran yang aman

Berikutnya, pastikan sistem pembayaran aman sebagai salah satu tips belanja online agar tidak tertipu. Ada tiga poin penting yang harus Anda perhatikan dalam pembayaran online. Pastikan halaman dari situs jual beli diawali dengan https. Hindari metode pembayaran langsung melalui transfer bank ini bisa di atasi dengan menggunakan jasa rekber dan pastikan pembayaran bisa dikembalikan jika menggunakan kartu kredit.

Meminta rekomendasi teman atau saudara

Terakhir adalah meminta rekomendasi dari teman. Cara ini memang sering menjadi pilihan tepat baik untuk maupun belanja secara konvensional maupun belanja online. Dengan adanya rekomendasi toko online terpercaya dari teman atau saudara yang sudah pernah mencoba untuk berbelanja, maka risiko tertipu tentu akan sangat minim bahkan tidak terjadi.

Baca Juga  5 Mode Jilbab Sederhana dan Memikat buat Setiap hari

Memang adanya kasus penipuan online membuat sebagian orang tidak yakin untuk rbelanja secara online. Meski begitu, bukan berarti Anda tidak ingin untuk mencobanya bukan? Lima tips belanja online agar tidak tertipu di atas bisa menjadi panduan bagi Anda saat hendak membeli produk. Ketelitian dan kecermatan saat berbelanja online akan meminimalisir kasus penipuan terjadi.